Fakta Tentang Air dalam Kajian Ilmiah dan Agama


Air adalah substansi kimia dengan rumus kimia H2O: satu molekul air tersusun atas dua atom. hidrogen yang terikat secara kovalen pada satu atom oksigen. Air bersifat tidak berwarna, tidak berasa dan tidak berbau pada kondisi standar, yaitu pada tekanan 100 kPa (1 bar) and temperatur 273,15 K (0 °C). Zat kimia ini merupakan suatu pelarut yang penting, yang memiliki kemampuan untuk melarutkan banyak zat kimia lainnya, seperti garam-garam, gula, asam, beberapa jenis gas dan banyak macam molekul organik.
Fakta-Fakta tentang Air
·         71% dari bumi adalah Air.
·         Ada lebih dari dua ratus lima puluh sungai di dunia.
·         sebotol air lebih menghabiskan biaya ketimbang susu, minyak atau bahkan gas.
·         Ekstraksi yang berlebihan dari air menyebabkan bidang penampungan air tanah menurun.
·         Banyak penyakit muncul dari air, dan penyakit disebabkan oleh kurangnya air bersih untuk mandi, menimpa jutaan orang tiap tahun.
·         Air adalah zat kimia yang penting bagi semua bentuk kehidupan yang diketahui sampai saat ini di bumi.
·         Terdapat 1,4 triliun kilometer kubik (330 juta mil³) air tersedia di bumi.
·         Air sebagian besar terdapat di laut (air asin) dan pada lapisan-lapisan es (di kutub dan puncak-puncak gunung).
·         Pengaturan air yang kurang baik dapat menyebakan kekurangan air, monopolisasi serta privatisasi dan bahkan menyulut konflik.
Sifat-sifat kimia dan fisika
·         Air adalah substansi kimia dengan rumus kimia H2O: satu molekul air tersusun atas dua atom hidrogen yang terikat secara kovalen pada satu atom oksigen.
·         Air bersifat tidak berwarna, tidak berasa dan tidak berbau pada kondisi standar, yaitu pada tekanan 100 kPa (1 bar) and temperatur 273,15 K (0 °C).
·         Zat kimia ini merupakan suatu pelarut yang penting, yang memiliki kemampuan untuk melarutkan banyak zat kimia lainnya, seperti garam-garam, gula, asam, beberapa jenis gas dan banyak macam molekul organik.
·         Nama alternatif Air adalah aqua, dihidrogen monoksida,
hidrogen hidroksida.
·         Titik lebur 0 °C (273.15 K) (32 ºF).
·         Titik didih 100 °C (373.15 K) (212 ºF).
·         Air sering disebut sebagai pelarut universal karena air melarutkan banyak zat kimia.
·         Molekul air dapat diuraikan menjadi unsur-unsur asalnya dengan mengalirinya arus listrik.
·         Zat-zat yang bercampur dan larut dengan baik dalam air (misalnya garam-garam) disebut sebagai zat-zat “hidrofilik” (pencinta air), dan zat-zat yang tidak mudah tercampur dengan air (misalnya lemak dan minyak), disebut sebagai zat-zat “hidrofobik” (takut-air).
Biologi Air
·         Dalam sel-sel biologi dan organel-organel, air bersentuhan dengan membran dan permukaan protein yang bersifat hidrofilik; yaitu, permukaan-permukaan yang memiliki ketertarikan kuat terhadap air.
·         Dari sudut pandang biologi, air memiliki sifat-sifat yang penting untuk adanya kehidupan.
·         Air dapat memunculkan reaksi yang dapat membuat senyawa organic untuk melakukan replikasi.
·         Air juga dibutuhkan dalam fotosintesis dan respirasi.
·         Hampir semua ikan hidup di dalam air, selain itu, mamalia seperi lumba-lumba dan ikan paus juga hidup di dalam air.
·         Peradaban manusia berjaya mengikuti sumber air.
·         Tubuh manusia terdiri dari 55% sampai 78% air, tergantung dari ukuran badan.
·         Agar dapat berfungsi dengan baik, tubuh manusia membutuhkan antara satu sampai tujuh liter air setiap hari untuk menghindari dehidrasi; jumlah pastinya bergantung pada tingkat aktivitas, suhu, kelembaban, dan beberapa faktor lainnya.
·         Pelarut digunakan sehari-hari untuk mencuci, contohnya mencuci tubuh manusia, pakaian, lantai, mobil, makanan, dan hewan. Selain itu, limbah rumah tangga juga dibawa oleh air melalui saluran pembuangan.
Air dalam kesenian
“Ombak Besar Lepas Pantai Kanagawa.” oleh Katsushika Hokusai, lukisan yang sering digunakan sebagai pelukisan sebuah tsunami.
·         Dalam seni air dipelajari dengan cara yang berbeda, ia disajikan sebagai suatu elemen langsung, tidak langsung ataupun hanya sebagai symbol.
·         Pada jaman Renaisans dan sesudahnya air direpresentasikan lebih realistis. Banyak artis menggambarkan air dalam bentuk pergerakan – sebuah aliran air atau sungai, sebuah lautan yang turbulensi, atau bahkan air terjun – akan tetapi banyak juga dari mereka yang senang dengan obyek-obyek air yang tenang, diam – danau, sungai yang hampir tak mengalir, dan permukaan laut yang tak berombak.
·         Sejalan dengan kemajuan teknologi dalam seni, air mulai mengambil tempat dalam bidang seni lain, misalnya dalam fotografi.
·         Keindahan tetesan air yang memecah permukaan air yang berada di bawahnya diabadikan dengan berbagai sentuhan teknik dan rasa menjadikannya suatu karya seni yang indah, seperti yang disajikan oleh Martin Waugh dalam karyanya Liquid Sculpture, suatu antologi yang telah mendunia.
·         partikel molekul air ternyata bisa berubah-ubah tergantung perasaan manusia disekelilingnya
Air dan Kehidupan
Peradaban manusia berjaya mengikuti sumber air. Mesopotamia yang disebut sebagai awal peradaban berada di antara sungai Tigris dan Euphrates. Peradaban Mesir Kuno bergantung pada sungai Nil. Pusat-pusat manusia yang besar seperti Rotterdam, London, Montreal, Paris, New York City, Shanghai, Tokyo, Chicago, dan Hong Kong mendapatkan kejayaannya sebagian dikarenakan adanya kemudahan akses melalui perairan.

Kajian Terbaru tentang Air
Profesor Masaru Emoto
Lahir pada tanggal 22 Juli 1943 merupakan seorang peneliti dari Hado institude di Tokyo, Jepang. Dia adalah seorang yang mengungkapkan tentang keajaiban air dan membuktikan kebenaran Al-Qur’an tentang bagus dan bermamfaatnya air zamzam. Emoto talah mengamati lebih dari 2.000 sampel air dari berbagai belahan dunia dan dia menemukan bahwa perasaan manusia bisa mengubah-ubah bentuk partikel molekul air, yang secara tidak langsung klasterisasi molekul air yang terbentuk oleh adanya ikatan hidrogen bisa dipengaruhi oleh perasaan manusia.
Hasil penelitian Emoto menunjukkan bahwa reaksi positif yang dihasilkan oleh perasaan manusia dapat membentuk partikel kristal air yang sangat indah dan sangat mengagumkan. Misalkan perasaan bahagia. Sebaliknya, partikel kristal air akan kelihatan berantakan saat menerima efek negatif dari perasaan manusia di sekitarnya seperti perkataan kotor dan sebagainya. Salah satu buku karangannya yang berjudul Message from Water menampilkan sekitar 2.000 lebih foto partikel kristal air. Dan ini membuktikan bahwa keajaiban alam itu berlaku. Partikel air dapat dipengaruhi oleh suara musik, kata-kata dan doa. Saat Emoto mendoakan air dengan menggunakan doa dari ajaran Sinto bentuk partikel air berubah menjadi indah, begitu juga dengan kata-kata baik lainnya, air selalu membetuk partikel yang indah. Lalu, ketika Emoto meneliti air zamzam, air zamzam tersusun dari molekul yang sangat luar biasa cantik dengan warna berlian yang berkilau.
Nabi Muhammad saw saat mengobati seseorang, beliau selalu berdoa di depan air kepada Allah swt dan itu membuat partikel air berubah dan membuatnya sangat bermanfaat untuk menyembuhkan penyakit dengan menyampaikan doa yang baik di depan air atas izin Allah swt sebelum orang yang sakit meminumnya. Sebagaimana yang kita ketahui, 2/3 tubuh kita terdiri dari ion-ion. Jika kita selalu berfikir posotif dan sering berdoa atau menyampaikan suatu yang baik maka ion ion dalam tubuh kita akan membentuk Kristal yang indah.
Yang jelas terbukti, beberapa sifat khas "keajaiban" air yang pernah dilansir Jurusan Teknik Sipil ITS Surabaya, antara lain:
·         Air pada fasa padat jauh lebih ringan daripada air pada fasa cair. Karena itu es mengambang. Ini penting untuk kehidupan di danau air tawar, karena es berperan sebagai penyekat terhadap pelepasan energi panas sehingga pembekuan air dari permukaan hingga ke dasar tidak terjadi.
·         Titik beku berkurang di bawah tekanan, sehingga pen-cairan terjadi di dasar glacier yg memudahkan terjadinya aliran glacier.
·         Rantai H putus di bawah tekanan, sehingga es di bawah tekanan akan menjadi plastis, sehingga daratan es di Antartika dan Artik mengalir melepaskan gunung es di atasnya. Tanpa proses ini, maka semua air akan menjadi es di daerah kutub.
Sampai sekarang Emoto dan karyanya masih dianggap kontroversial. Ernst Braun dari Burgistein di Thun, Swiss, telah mencoba dalam laboratoriumnya metoda pembuatan foto kristal seperti yang diungkapan oleh Emoto, sayangnya hasil tersebut tidak dapat direproduksi kembali, walaupun dalam kondisi percobaan yang sama.


Berikut adalah gambar keajaiban air tersebut :
Ketika dibacakan doa untuk kesembuhan didepan sebotol air maka terekam kristal seperti gambar dibawah:




Ketika dicoba dibacakan doa Islam, kristal bersegi enam dengan lima cabang daun muncul berkilauan. 

Ketika diputarkan musik symphony Mozart, kristal muncul berbentuk bunga.

Ketika musik heavy metal diperdengarkan, kristal akan hancur.

Kristal air ini merekam lagu ‘Imagine’ dari John Lennon. Seperti lagunya, kristal ini unik dan indah. Setiap elemen tumbuh dengan harmonis. 

Saat diungkapkan ‘war’, kepada kristal air (sebelah kiri), maka bentuk kristal ‘peace’ (kanan) tertabrak oleh benda mirip Pesawat (WTC 9 september). Gambar direkam sebelum kejadian.

Untuk direnungkan:
Kebenaran hanyalah milik Allah SWT. semoga Iman dan Taqawa kita semakin meningkat dengan merenungi fakta-fakta penciptaan dari sang Maha Pencipta.


الَّذِينَ يَذْكُرُونَ اللَّهَ قِيَامًا وَقُعُودًا وَعَلَى جُنُوبِهِمْ وَيَتَفَكَّرُونَ فِي خَلْقِ السَّمَاوَاتِ وَالأرْضِ رَبَّنَا مَا خَلَقْتَ هَذَا بَاطِلا سُبْحَانَكَ فَقِنَا عَذَابَ النَّارِ 
(Yaitu) orang-orang yang mengingat Allah sambil berdiri atau duduk atau dalam keadaan berbaring dan mereka memikirkan tentang penciptaan langit dan bumi (seraya berkata): Ya Tuhan kami, tiadalah Engkau menciptakan ini dengan sia-sia. Maha Suci Engkau, maka peliharalah kami dari siksa neraka.

Sumber:
id.wikipedia.org
http://forumkimia.multiply.com/journal/item/4
ngobrolaja.com

0 komentar "Fakta Tentang Air dalam Kajian Ilmiah dan Agama", Baca atau Masukkan Komentar

Posting Komentar

Kita adalah penjelajah,,tinggalkanlah jejak anda dimanapun anda kunjungi.
semoga bermanfaat