Tuhan Bersama Mahasiswa Tingkat Akhir

Tuhan Bersama Mahasiswa Tingkat Akhir
By : Rony Astrajingga

            Setiap fase pasti ada awal dan ada akhir. Dalam dunia kampus, gak hanya serangga atau kupu-kupu melakukan metamorfosa mahasiswa juga akan mengalami berbagai fase:
·         Fase Telur
Pada fase ini mahasiswa baru menjadi calon mahasiswa. Fase ini membutuhkan perjuangan yang cukup berat, apalagi mahasiswa yang berasal dari daerah harus memiliki pengorbanan yang cukup ekstra mulai dari perjalanan dari daerah asalnya ke daerah kampus tujuan hingga proses penyeleksian. Dari beberapa fakta yang ada dilapangan selama ini mahasiswa dari daerah cukup kebingungan saat mencari tempat tinggal sementara selama masa seleksi dan juga transportasi.
·         Fase Ulat
Nah,disini calon mahasiswa yang lulus seleksi akan menjadi mahasiswa setelah melakukan beberapa ketentuan yang berlaku dan mulai menjalani rutinitasnya yang cukup melelahkan mulai dari daftar ulang,orientasi dan sebagainya. Namun, untuk semangatnya lagi tinggi dan hebat-hebatnya (maklum mahasiswa baru). Setelah itu beberapa waktu kedepannya mahasiswa  mulai disibukkan dengan hidangan beban matakuliah hingga kegiatan  atau organisasi yang dapat menyalurkan bakat dan minatnya.
·         Fase Kepompong
Fase ini adalah fase dimana mahasiswa mulai menemukan kedewasaan dalam berfikir dan bertindak dalam mengambil keputusan, walaupun keputusan terkadang berdampak baik atau buruk dalam sisi akademiknya.
§  Fase kepompong part I
Fase ini  sebagian mahasiswa mengalami masa transisi dimana munculnya rasa kebosanan dalam melanjutkan pendidikannya di bangku kuliah entah itu karena jemu dengan beban SKS yag diberikan, pergaulan, atau bekerja hingga masalah biaya pendidikan dan sebagainya.
§  Fase kepompong part II
Nah, fase ini yang paling utama dalam siklus mahasiswa dikampus dimana mahasiswa dituntut untuk menyelasaikan kuliahnya dengan mengerjakan tugas akhir atau juga skripsi sebagai syaratnya.
Pada fase ini dibutuhkan banyak pengorbanan mulai dari biaya ,waktu hingga fikiran. Pada fase ini energi banyak terkuras, sehingga tidak heran banyak mahasiswa yang stres dan depresi menghadapinya bahkan dalam surat kabar ada mahasiwa yang rela mengakhiri hidupnya dikarenakan tidak sanggup menanggung beban tersebut.
Pada fase ini juga tingkat religius mahasisiwa cukup tinggi walaupun dalam pelaksanaan kewajiban kepada Tuhan juga sering terabaikan, namun dalam hatinya selalu berharap Tuhan memudahkan segala urusannya.
Yang perlu diingat adalah fase kepompong tidak selamanya berhasil menjadi Kupu-kupu.
            Semoga Allah selalu mengabulkan doa-doa dan memudahkan para mahasiswa tingkat akhir dalam menyelesaikan tugas akhirnya dengan baik dan yang tidak kalah pentingnya  juga untuk para Dosen Pmbimbing dan Dosen Penguji,,,amiiin.
·         Fase Kupu-kupu
Fase ini adalah fase yang paling dinanti setiap mahasiswa dimana mereka menyelesaikan studi mereka dan mendapat gelar sarjana.
Just jokes
            Sebuah kebanggaan dapat menyesaikan studi dari bangku kuliah, namun hendaknya lebih berbanggalah jika sarjana-sarjana yang dicetak perguruan tinggi dapat menjadi manfaat bagi orang-orang disekitarnya. Para sarjana hendaknya bukanlah para pencari kerja namun mereka mampu menciptakan lapangan kerja.

“Sesungguhnya disetiap sesudah kesulitan itu ada kemudahan” (QS 94:5)










0 komentar "Tuhan Bersama Mahasiswa Tingkat Akhir", Baca atau Masukkan Komentar

Posting Komentar

Kita adalah penjelajah,,tinggalkanlah jejak anda dimanapun anda kunjungi.
semoga bermanfaat