Seni Perang Jenderal Sun Zhi Part 2

Bagian 2 : Manfaatkan Sistem Intelijen
Jenderal Sun Zhi

            Sun Zhi mengatakan:
            “ Jadi, penguasa yang tercerahkan dan jendral yang andal mampu mendapatkan kemenangan-kemenangan dalam operasi militer mereka dan mencapai bernagai keberhasilan yang melebihi keberhasilan banyak orang. Alasannya adalah karena pengetahuan yang lebih dulu diperoleh. Pengetahuan yang lebih dahulu ini tidak dapat diperoleh dari dewa-dewa atau roh. Ini tidak dapat dicapai dengan membandingkan dengan berbagai peristiwa dan keadaan yang serupa saat ini atau yang lalu. Itu juga tidak dapat diperoleh dari mempelajari dari ilmu ramalan bintang. Pengetahuan yang lebih dulu diperoleh ini didapat dari orang-orang yang mengetahui keadaan musuh.”
            Pengetahuan adalah segala-galanya dalam perang dan pengetahuan harus diperoleh dari sumber yang tepat melalui operasi sistem intelijen  atau mata-mata. Pengetahuan merupakan dasar pembuatan rencana strategis dan taktis.
            Sun Zhi mengatakan:
            “Ketika pasukan dipusatkan untuk menyerang musuh, pasukan itu harus seperti batu keras yang dilemparkan ke telur-telur. Ini adalah penerapan prinsip menggunakan kekuatan untuk menghantam kelemahan.”

Defeat Enemy in a second
            Saya memaknai ini sebagai teknik kamuflase atau pengalihan strategi seperti yang disampaikan Sun Zhi:
            “ Semua pertempuran didasarkan pada prinsip penipuan. Jadi bila anda mampu, berpura-puralah bahwa anda tidak mampu.”
            Saat kamu berhasil memancing lawan untuk makin arogan,itu pertanda baik. Sun Zhi mengatakan:
            “ Ketika musuh memandang rendah anda, hendaklah anda mendorong kesombongannya.”
            Dengan membiarkan lawan show off dan banyak tingkah, saat itu kamu mudah mendeteksi kelemahannya. Seperti pepatah “ Saat seseorang menunjukkan kelebihannya, saat itu juga mengungkapkan kekurangannya”.
            Sun Zhi mengatakan:
            “ Seranglah musuh ketika ia tidak siap. Bergeraklah muncul, dan seranglah daerah-daerah dimana musuhpaling tidak memperhatikan kedatangan anda.”

Kenali Diri dan Lawan.
            Sun Zhi mengatakan:
            “ Lontarkan beberapa pertandingan melawan musuh untuk mengetahui bidang kekuatan dan kelemahannya.”
Kenali Cuaca
            Sun Zhi mengatakan:
            “ Ada saat-saat yang cocok untuk membuat api. Saat yang menguntungkan mengacu pada masa dalam cuaca kering atau panas. Kecocokan mengacu pada lokasi buln dan hubungannya dengan empat posisi dari lokasi bintang-bintang diantara konstelasi-konstelasi ini mengisyaratkan gari-hari di mana angin yang kencang akan tiba.”
            Cuaca merupakan gejala alam yang bersifat uncontrollable. Satu-satunya cara menghadapinya adalah menyesuaikan diri dengannya.
Kenali Medan
            Medan adalah lokasi perang. Informasi ini sangat penting. Beda medan berarti harus berbeda strategi. Berikut beberapa pernyataan Sun Zhi tentang perhatiannya pada medan:
            “ Jika anda mengetahui medan pertempuran dan tanggal pasti bagi pertempuran, pasukan anda dapat melakukan perjalanan seribu mil dan tetap siap untuk bertempur.”
            “Orang-orang yang tidak mengethui kondisi gunung-gunung berhutan, daratan berbahaya pada jalur-jalur pegunungan, serta rawa dan paya-paya berbahaya tidak akan mampu memimpin gerakan prajurit.”

Disaster Day
            Sun Zhi mengatakan:
            “ orang-orang yang tiba lebih awal di medan pertempuran akan memilki waktu yang cukup untuk beristirahat dan bersiap-siap untuk melawan musuh. Orang yang terlambat tiba dimedan pertempuran akan terburu-buru masuk kedalam pertempuran padahal tenaga mereka sudah terkuras.”

Daftar Referensi :
Soeherman, Bonnie.2011. Jenderal Kampus. Eleex Media Komputindo.Jakarta
Maxwell, jhon C. 1995. Mengembangkan Kepemimpinan di Dalam DiriAnda. Binarupa Aksara.  Jakarta Barat.


           



0 komentar "Seni Perang Jenderal Sun Zhi Part 2", Baca atau Masukkan Komentar

Posting Komentar

Kita adalah penjelajah,,tinggalkanlah jejak anda dimanapun anda kunjungi.
semoga bermanfaat